28 March 2019 damar mukti No Comments

Website Sebagai Langkah Awal Memulai Bisnis

Halo sahabat astahub, kali ini kita akan bahas soal bagaimana sih membuat bisnis menggunakan website. Bisnis? Dengan website? Mungkin beberapa orang masih berpikir bahwa bisnis merupakan hal besar yang sulit dilakukan dan menakutkan dengan berbagai resiko. Mungkin ada lagi yang berpikir biasanya bisnis itu identik dengan orang-orang yang sudah dewasa dan paham dunia kerja. Jika kamu masih berpikir seperti itu, sungguh kesalahan besar. Buang jauh-jauh pikiran seperti itu. Kamu akan terus terbelenggu dengan masalah keuangan jika masih berpikir demikian. Apa salahnya menanamkan jiwa bisnis sejak dini? Kamu bisa mengawali bisnis menggunakan media-media digital. Salah satunya adalah website. Tapi bagaimana cara membuatnya? Apakah ada jasa  pembuatan website yang murah di Jogja?

Untuk membuka website, kita perlu adanya jaringan internet. Oke, lalu pertanyaannya adalah, apakah kamu sudah memiliki website? Jika jawabannya “belum”, ini saatnya kamu belajar bagaimana cara membuat website. Belum banyak orang yang tau cara membuat website yang menarik. Dikalangan mahasiswa pun belum banyak yang tau bagaimana cara membuat website meskipun hampir semua mahasiswa sudah menggunakan website. Disini kamu bisa belajar cara membuat website yang menarik. Kamu tidak perlu khawatir, semua mudah jika kamu mau melakukan. Apalagi kamu mahasiswa di era milenial, jadi sangat tidak mungkin jika kamu masih gaptek atau gagap teknologi. Berikut 5 langkah yang harus kamu ketahui tentang cara membuat web:

 

Langkah 1: Menentukan Ide Website

Pertama kamu harus menentukan ide dan topik. Menentukan Ide dan topik adalah hal penting yang harus kamu lakukan sebelum membuat dan mengonlinekan website. Penerapan yang tepat sasaran terkait ide dan topik kamu bisa mendatangkan banyak uang. Setelah itu, kamu mulai menentukan tujuan utama dari pembuatan website.

 

Langkah 2: Register Nama Domain

Kedua kamu harus menentukan nama untuk website kamu. Gunakanlah nama yang unik dan mudah dicari agar orang-orang semakin tertarik untuk mengunjungi website kamu. Berikut beberapa tips dan langkah untuk menemukan dan membuat nama domain:

  1. Lakukan brainstormingpada nama-nama website yang berpotensi.
  2. Gunakan fitur cek domain.
  3. Ketik atau masukkan nama domain yang diinginkan di fitur pencari.
  4. Pilih nama domain terbaik.
  5. Selesaikan order dan registrasi domain.

 

Langkah 3: Pilih Web Hosting

Langkah selanjutnya dalam membuat website adalah memilih hosting yang andal dan dapat dipercaya. Ada berbagai pilihan website hosting. Carilah yang sesuai dengan kebutuhan proyek online kamu.

 

Langkah 4: Pilih Platform dan Buat Website

Nah, sekarang saatnya mulai proses dari cara membuat website.  Ingat, pembuatan website sangat tergantung pada fondasi yang kami buat. Bahkan ide dan topik yang telah dibuat sebelumnya juga ikut menentukan seperti apa website kamu nantinya. Ada empat tool yang sering digunakan. Empat tool itu sebagai berikut:

  1. Sistem Manajemen Konten.

Pilihan terbaik untuk blog dan website yang mempublikasikan berbagai artikel/konten. WordPress, Joomla, dan Drupal adalah tiga contoh CMS.

  1. Script e–commerce.

Dilihat dari namanya saja kita sudah tahu kalau software ini digunakan apabila kamu akan membuat toko online. PrestaShop, Magento, dan WooCommerce adalah contoh dari script e-commerce.

  1. Website builder.

Tool yang menawarkan kemudahan membuat website tanpa harus mengetahui dan menguasai bahasa pemrograman. Manfaatkan interface drag-and-drop yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur!

  1. Self-coded website.

Jika kamu paham tentang pengembangan web, maka membuat self-coded sitebukan merupakan hal yang mudah. Meskipun dalam proses pembuatannya memakan usaha dan waktu yang lama, kamu bisa menjalankan fitur apa pun yang penting bagi perkembangan website.

 

Langkah 5 : Buat Rencana untuk Mengembangkan Website Anda

Kembangkanlah website kamu dengan sebaik mungkin. Berikut ada tips agar website kamu makin oke. Berikut tipsnya :

  1. Ketahuilah Niche kamu

Tentukan niche dan arah ke mana website kamu akan dikembangkan merupakan salah satu hal terpenting yang tidak boleh tidak dilakukan. Tanpa perencanaan yang matang, bisa jadi semuanya tampak sia-sia dan berantakan.

  1. Menggunakan Google Analytic

Gunakan  GA agar  kamu mendapatkan informasi mengenai audience, misalnya dari mana mereka tahu website kamu, apakah mereka melakukan pembelian, berapa lama mereka betah mengeksplorasi situs kamu, dan masih banyak lagi.

  1. Monitor Penggunaan Resource

Dengan memastikan performa web, maka situs Anda akan terhindar dari downtime dan masalah yang tak perlu. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek seberapa banyak resource yang digunakan situs Anda dari waktu ke waktu.

  1. Membuat Staging Environment

Faktor penting untuk pertumbuhan dan perkembangan website adalah update secara berkala dan penambahan fitur baru.

  1. Menggunakan Protokol HTTPS

Perlahan tapi pasti, HTTPS akan menjadi standar kelayakan terbaru bagi semua web.

Nah begitulah cara-cara membuat website. Kamu bisa mulai berbisnis menggunakan website untuk menambah uang saku. Tapi jika kamu tidak mengetahui cara membuat website atau tidak sempat mempelajarinya, kamu bisa percayakan semuanya kepada astahub. Biar kami yang akan bangunkan sebuah ifrastruktur online untuk bisnis kamu, yang pastinya dengan harga yang murah, namun dengan kualitas terbaik di Jogja.

Tags : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan harga spesial dari kami khusus pemesanan pada bulan ini, mari berkolaborasi bersama kami dan dapatkan semua keuntungannya

Selengkapnya Pesan Sekarang