Blog.

“the true sign of intelligence is not knowledge but imagination”

Albert Einstein

Ketika kamu mulai merintis bisnis online di internet dengan membuat website, tentu saja kamu juga harus memikirkan konten apa saja yang akan ditulis dalam blog. Namun sering terjadi kehilangan ide saat menulis. Inspirasi dalam menulis sangat dibutuhkan. Terkadang inspirasi datang tiba-tiba dan tidak mengenal di mana tempatnya. Cara seperti ini menjadi kurang efektif. Terkadang, kamu sudah banyak merenung tetapi ide untuk menulis tidak kunjung datang.

Hal ini sangat lumrah terjadi apalagi kamu merupakan orang yang masih awam. Maka dari itu, untuk menyiasati hal seperti ini coba pikirkan sebuah pertanyaan yang ingin kamu jawab dalam bentuk konten. Jadikan pertanyaan itu sebagai judul konten yang  ingin kamu buat. Dengan begitu, konten akan menjadi lebih fokus dan terarah.

Banyak channel yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi konten. Beberapa di antaranya adalah:

  • Quora dan Yahoo! Answers. Kedua channel ini memuat banyak pertanyaan dari berbagai bidang. Kamu tinggal cari pertanyaan yang terkait bisnis onlnine mu. Gunakan keduanya untuk mencari ide yang sifatnya umum.
  • Facebook dan LinkedIn grup. Kedua tempat tersebut cocok untuk mencari inspirasi topik-topik yang sifatnya lebih spesifik dan perlu keahlian. Gunakan akses informasi di grup untuk mendapatkan inspirasi konten yang berkualitas sesuai dengan bisnis online kamu.
  • Instagram, Twitter, dan portal berita lainnya. Pakai media sosial dan portal informasi lainnya sebagai inspirasi konten yang sedang tren dan ramai dibicarakan.
  • Blog Ideas Generator. Salah satu fitur dari Hubspot ini akan mengejutkan dengan ide-ide konten yang tak terduga. Cara kerja cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan lima kata kunci dalam bahasa Inggris ke dalam kotak yang disediakan. Generator akan secara otomatis mengacak kata kunci dan menawarkan judul konten untuk kamu.

Berikut adalah 5 topik menarik yang bisa kamu coba untuk menaikkan trafik blog.

1. Review produk

Setidaknya ada 31-42% pengguna internet mencari review produk melalui internet. Ini artinya, review produk akan tetap menjadi konten yang dicari.

Topik ini juga cenderung mudah untuk dibuat. Kamu tidak perlu menjadi seseorang dengan pengikut banyak untuk menulis review yang meyakinkan. Kamu  hanya perlu ketelitian, kreativitas, dan kejujuran untuk membuat konten yang menarik.

Selain mengundang pengunjung, topik yang satu ini juga memungkinkan kamu mengisi rupiah ke kantong. Ada banyak brand yang bersedia bekerja sama dengan blogger supaya produknya bisa direview.

2. Perbandingan produk

Ide konten yang satu ini sekilas mirip dengan review produk. Hanya saja kamu perlu mereview dua atau bahkan tiga produk dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Topik semacam ini akan membantu pembaca menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Guest blogging

Guest blogging memperbolehkan kamu mempublikasikan konten di blog milik orang lain. Cara ini umum dipakai untuk menarik pengunjung dari blog lain.

Sebelum melakukan guest blogging, baiknya kamu mencari sesama blogger yang memiliki niche yang sesuai. Karena jika niche terlalu berbeda, tujuan awal untuk menarik pembaca baru juga takkan tercapai.

4. Giveaway

Giveaway adalah salah satu strategi marketing yang kini kerap dipakai. Strategi ini mengharuskan pengunjung berkompetisi untuk mendapatkan hadiah yang dijanjikan. Sering kali giveaway dipakai brand untuk meningkatkan jumlah pengikut dan engagement konten. Cara ini bisa kamu gunakan untuk menambah jumlah trafik dan pengikut di media sosial.

5. Ilustrasi dan grafis

Konten tak melulu soal tulisan. Jika kamu memang menyukai dunia desain dan ilustrasi, jadikan saja itu konten .

Sejauh ini ada dua kategori ilustrasi yang umum ditampilkan. Pertama, ilustrasi yang sifatnya dekoratif dan mudah untuk dibagikan. Konten semacam ini biasanya berupa wallpaper atau tipografi. Jenis konten ini juga mudah untuk diunduh dan digunakan secara mandiri. Apabila  kamu memang ingin membuat ilustrasi semacam ini, pastikan kamu membuatnya dalam resolusi yang sesuai dengan layar ponsel dan laptop.

Kedua, merupakan ilustrasi yang hanya ‘sekedar’ dinikmati. Bentuk konten ini banyak dibagikan dan dikomentari karena sifatnya yang kurang fleksibel. Akan tetapi, bukan berarti konten ini tidak bagus.

Kamu bisa mendapatkan banyak inspirasi menulis melalui internet. Dari sana kamu juga bisa mendapatkan banyak ide topik untuk ditulis di blog.

Hanya saja, kamu tetap perlu konsisten dengan tema blog yang kamu tulis. Dengan begitu personal branding akan menjadi kuat dan bisa menarik pengunjung ke blog kamu. Dan harapan dengan banyaknya pengunjung yang datang, maka bisnis online yang sedang kamu bangun akan semakin sukses. Tapi bagaimana jika kamu tidak memiliki waktu untuk mengurus hal ini? Tenang, astahub.id akan mengerjakannya untuk kamu dengan sebaik mungkin, selain dapat membuat website yang murah dan praktis di Jogja, kami juga dapat membantu kamu mengoptialisasi website kamu dengan  Search Engine Optimizer yang pastinya akan membuat website online shop kamu makin mudah dicari dan dapat meningkatkan penjualan dan profit kamu, tunggu apa lagi, segera hubungi astaub.id untuk solusi terbaik.

×

Selamat Datang !!

Silahkan klik dibawah untuk chat melalui Whatsapp atau ajukan pertanyaan melalui Email di talktous@astahub.com

× Hallo, bisa Astahub bantu ?