Blog.

“the true sign of intelligence is not knowledge but imagination”

Albert Einstein

Peluang usaha dalam memanfaatkan internet memang sangat menjanjikan. Seperti membuat website untuk bisnis online. Dalam membangun sebuah bisnis online pada suatu web, kamu harus memilih SEO yang friendly agar web kamu mudah muncul di mesin pencarian. Tentu saja dengan SEO friendly web kamu akan mudah muncul dan berdampak pada kesuksesan bisnis online yang sedang kamu bangun. Selain menentukan SEO friendly, kamu perlu melakukan riset keyword. Riset keyword ini berfungsi untuk menentukan kata kunci apa yang cocok untuk digunakan di blog atau website kamu.

Pada umumnya terdapat empat komponen penting yang harus diperhatikan dalam riset keyword.

1. Search Volume (Volume Pencarian)

Search volume atau volume pencarian kata kunci adalah berapa banyak sebuah kata kunci dicari di Google dalam kurun waktu tertentu. Biasanya keyword tool akan menampilkan banyak pencarian keyword dalam satu bulan terakhir.

Misalnya, search volume sebuah kata kunci menunjukkan angka 100.000. Artinya, keyword tersebut dicari 100.000 kali di Google dalam kurun waktu satu bulan.

2. Keyword Difficulty (Tingkat Kesulitan Keyword)

Keyword difficulty menunjukkan tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk berada di halaman pertama hasil pencarian. Umumnya, keyword tool menggunakan skala 0-100. Semakin besar angkanya, semakin sulit kata kunci tersebut untuk meraih posisi pertama hasil pencarian. Biasanya keyword difficulty juga memperlihatkan berapa backlink yang dibutuhkan agar sebuah artikel bisa berada di halaman pertama hasil pencarian. Semakin tinggi keyword difficulty, semakin banyak backlink yang dibutuhkan.

3. Keyword Suggestion (Saran Kata Kunci)

Keyword suggestion adalah saran kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu cari. Misalnya, kamu melakukan riset keyword untuk kata kunci “membuat blog”, keyword tool akan memberikan saran kata kunci seperti “cara membuat blog”, “membuat blog gratis”, atau “membuat blog mudah”.

Umumnya, layanan keyword tool akan memberikan saran long tail keyword. Long tail keyword adalah kata kunci yang mengandung setidaknya tiga kata atau lebih seperti contoh yang sudah disebutkan sebelumnya.

Melalui fitur keyword suggestion ini, kamu bisa menemukan lebih banyak long tail keyword yang cocok untuk blog atau website kamu. Menggunakan long tail keyword disarankan agar dapat menarik lebih banyak pengunjung karena 70 persen pencarian di Google terdiri dari long tail keyword.

4. Search Engine Result Page (SERP)

SERP menunjukkan laman-laman yang menduduki peringkat teratas dalam hasil pencarian keyword yang kamu riset. Fungsinya adalah untuk melihat seperti apa kualitas laman-laman yang bisa menduduki peringkat teratas hasil pencarian Google.

Berikut adalah beberapa cara riset keyword dengan bantuan keyword tool yang dapat kamu gunakan dengan gratis:

1. Ubersuggest

Cara riset keyword dengan Ubersuggest pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengetik keyword apa yang ingin Anda gunakan dan wilayah yang ingin kamu targetkan.

Ubersuggest akan memberikan informasi mengenai berapa besar volume pencarian keyword tersebut, kadar kesulitan keyword, dan saran keyword terkait yang bisa digunakan.

2. Google Trends

Google juga menyediakan tool untuk melakukan riset keyword, yaitu Google Trends. Kamu dapat mengatur wilayah sesuai negara yang kamu targetkan. Anda akan mendapatkan grafik pergerakan keyword yang Anda cari. Google Trends menyediakan grafik pergerakan keyword dari satu jam terakhir sampai lima tahun terakhir. Jadi kamu bisa melihat naik turunnya popularitas sebuah keyword dari waktu ke waktu.

Seperti cara riset keyword sebelumnya, Google Trends juga memberikan saran long tail keyword yang masih berkaitan dengan yang kamu cari secara real time.

3. MOZ

Untuk dapat menggunakan fitur-fitur MOZ ini, kamu harus mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota. Setelah melakukan pendaftaran kamu akan mendapatkan 10 riset keyword. Cara riset keyword menggunakan akun gratis tidak memberikan hasil maksimal. Hasil riset keyword ini tidak memberikan informasi volume pencarian per bulan. SERP yang ditunjukkan juga hanya sampai tiga situs teratas.

4. SEMrush

Sebelum menggunakan SEMrush, kamu harus mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota yang tersedia secara gratis. Kamu akan mendapatkan saran long tail keyword. Selain itu, Anda juga dapat melihat situs-situs mana saja yang berada di halaman pertama hasil pencarian kata kunci tersebut.

Sayangnya, akses akun gratis di SEMrush terbatas. Kamu tidak dapat melihat semua saran kata kunci (keyword suggestion) yang dihasilkan.

5. Answer The Public

Untuk keyword tool satu ini tidak tersedia dalam bahasa Indonesia. Answer The Public hanya menyediakan beberapa pilihan bahasa asing, salah satunya adalah bahasa Inggris. Meskipun hanya tersedia dalam bahasa Inggris, cara riset keyword ini kami rekomendasikan karena saran keyword yang diberikan cukup lengkap dan komperehensif.

Kamu dapat melakukan riset keyword yang akan kamu gunakan di blog atau website melalui keyword tool ini. Answer The Public memberikan saran kata kunci dengan format 5W+1H (What, Where, When, Why, Who, dan How).

Situs riset keyword gratis di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada beberapa yang tersedia penuh secara gratis dan ada beberapa yang mengharuskan kamu untuk mendaftar akun di situs tersebut. Kamu harus memahami kebutuhan riset keyword kamu seperti apa. Dengan web online yang kamu bangun akan mendapat banyak pengunjung yang akan mensukseskan bisnis online mu.

Tapi bagaimana jika kamu tidak memiliki waktu untuk mengurus hal ini? Tenang, astahub.id akan mengerjakannya untuk kamu dengan sebaik mungkin, selain dapat membuat website yang murah dan praktis di Jogja, kami juga dapat membantu kamu mengoptialisasi website kamu dengan  Search Engine Optimizer yang pastinya akan membuat website online shop kamu makin mudah dicari dan dapat meningkatkan penjualan dan profit kamu, tunggu apa lagi, segera hubungi astaub.id untuk solusi terbaik.

×

Selamat Datang !!

Silahkan klik dibawah untuk chat melalui Whatsapp atau ajukan pertanyaan melalui Email di talktous@astahub.com

× Hallo, bisa Astahub bantu ?