28 March 2019 damar mukti No Comments

Penyebab HTTP Error

Banyak situs web bisnis online yang menawarkan produk mereka di internet, kita tentusaja sering menggunakannya sebagai ajang cuci mata atau berpesta belanja. Namun apa yang terjadi jika tiba-tiba server kita down, pasti akan banyak pelanggan yang kecewa karena tidak bisa melanjutkan kegiatan mereka. Pertanyaannya adalah mengapa website kita bisa down? Hal ini yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Ketika mengakses suatu website, terkadang kamu menerima pesan error yang muncul seperti HTTP Error 404, HTTP Error 504, HTTP Error 500, HTTP Error 503, dan lain sebagainya. Jika kamu adalah pemilik website, maka penting bagimu untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi pesan error tersebut.

Jika website atau blog kita mempunyai beberapa halaman 404, pada dasarnya ini tidak akan berpengaruh di dalam hasil pencarian Google untuk halaman-halaman yang lainnya. Tapi bukan berarti kamu bisa mengabaikan halaman 404 tersebut. Setidaknya kamu harus mengecek apakah error tersebut memang disengaja atau tidak.

Kalau kamu memang sengaja menghapus halaman tersebut, maka itu tidak akan menjadi masalah sama sekali. Tapi bagaimana jika itu adalah halaman andalan kamu? Dan kamu salah mengetik URL pada link yang menuju halaman tersebut. Bisa jadi kamu tidak akan mendapatkan kunjungan yang cukup lama ke halaman itu, karena pengunjung yang menemukan halaman 404 akan menutup halaman tersebut. Berbisnis online dengan keadaan seperti ini tentu saja akan berdampak buruk. Pelanggan menjadi enggan kembali pada website yang kita buat. Sayang sekali kan?

Ada empat masalah utama penyebab munculnya Error 404 tersebut di antaranya adalah:

 

  • Salah memasukkan URL

Dalam sebuah website nama URL sangat penting untuk mempermudah pencarian di mesin pencari. Kesalahan memasukkan nama URL memang terlihat sepele. Namun ini juga menjadi hal paling fatal sehingga website yang kamu cari tidak keluar atau muncul Error 404. Contoh dari kesalahan ini antara lain adalah memasukkan huruf tertentu lebih dari satu kali. Atau kamu mungkin saja memasukkan huruf yang salah. Sederhana bukan? Tetapi jika kamu lakukan secara terus menerus dan tidak melakukan koreksi ketika memasukkan URL tersebut, maka sampai kapanpun jika salah memasukkannya website menjadi tidak muncul.

 

  • Masalah caching

Kesalahan kedua, adanya masalah pada cachingChace  merupakan sebuah proses penyimpanan data sementara sebuah halaman HTML dengan tujuan mengurangi penggunaan bandwidth dan loading server. Jadi, bisa dibilang jika chace ini sebenarnya adalah merupakan teknologi yang berguna untuk menampilkan halaman sebuah website dengan lebih cepat.

 

  • Pengaturan nama domain (DNS)

Ketiga yang membuat sebuah website tidak bisa dibuka mungkin saja domainnya bermasalah. Salah satunya adalah domain tersebut belum dipropagasi ke DNS. Maka dari itu, tampilan Error 404 tersebut sering muncul saat kamu mencoba mengakses situs tersebut.

Propagasi domain adalah sebuah proses pengalihan domain lama ke domain baru. Dalam propagasi domain biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Biasanya memakan waktu selama beberapa jam bahkan beberapa hari. Hal ini tergantung dari ISP yang digunakan dan ketika kamu membuka website namun yang muncul adalah Error 404 bisa saja website tersebut dalam masa propagasi atau masih belum dipropagasi sehingga membutuhkan waktu untuk penyesuaian.

 

  • Permasalahan Compatibility

Bila Error 404 terjadi pada website dari WordPress, hal tersebut mungkin juga karena permasalahan Compatibility. Dalam kasus tertentu, permasalahan pada plugin atau tema dapat berpengaruh pada WordPress dalam membuat URL dan permalink website. Maka dari itulah bila pengunjung mengakses URL tersebut tidak berfungsi akibat masalah Compatibility, maka akan muncul tampilan error pada website itu sendiri.

 

Cara mengatasi eror:

 

  • Menggunakan tools

Mengecek link yang rusak (broken link) dengan tools merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Tools ini sekarang sudah banyak bermunculan dan bisa dengan mudah kamu dapatkan. Contohnya adalah Online Broken Link Checker. Fitur yang ditawarkan oleh tools ini adalah dapat mengecek broken link pada sebuah website atau blog. Selain itu juga dapat menunjukkan dimana lokasi broken link yang bermasalah di dalam sebuah website.

 

  • Bersihkan chace dan history

Munculnya tampilan Error 404 tidak hanya datang dari website itu sendiri, tetapi bisa saja muncul dari komputer-mu sendiri. Misalnya, kamu bisa membuka website tersebut lewat smartphone, namun ketika kamu membukanya lewat komputer atau laptop website yang dimaksud tidak bisa dilihat. Solusi yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengosongkan cache yang ada di browserdan bersihkan history. Hal ini juga berlaku bagi smartphone kamu.

 

  • Cek kesalahan URL

Seperti dijelaskan pada poin sebelumnya, penyebab munculnya tampilan Error 404 adalah salah memasukkan URL. Bisa saja kamu salah memasukkan huruf atau kurang. Mengatasinya, cobalah untuk pindah satu tingkat direktori URL tersebut.  Kita bisa contohkan dari sebuah halaman www.contohurl.com/a/b/c.htm tidak bisa dibuka dan muncul Error 404 maka bisa mencoba membukanya dengan www.contohurl.com/a/b semisalnya dan seterusnya. Bila tetap tidak bisa dibuk, dipastikan halaman pada website tersebut sudah tidak ada atau rusak.

 

  • Lakukan bookmark

Tampilan Error 404 bisa terjadi dalam semua website termasuk website penting sekalipun. Selain mengecek kesalahan URL untuk mengantisipasi hal tersebut terulang kamu bisa langsung melakukan bookmark pada website yang kamu cari tersebut. Tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan 404 tersebut sehingga sewaktu-waktu kamu mencarinya bisa langsung ditemukan tanpa harus bersusah payah mencarinya kembali di mesin pencarian.

Itulah pengertian mengenai Error 404 yang sering ditemukan ketika membuka sebuah website dan bagaimana mengatasinya. Tapi, bagaimana jika ternyata kamu masih awam dan belum begitu mendalami hal ini? Ada baiknya jika kamu memberikan pekerjaan ini kepada partner yang tepat. Astahub dapat menjadi partner startup kamu yang terbaik, karena kami telah berpengalaman dan memiliki wawasan luar tentang error page, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika suatu saat website kamu tiba-tiba down, astahub akan memperbaiki hal itu sebelum kamu menyadarinya. So, tunggu apa lagi? Hubungi astahub.id untuk mendapatkan jasa pembuatan website terbaik di jogja.

Tags : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan harga spesial dari kami khusus pemesanan pada bulan ini, mari berkolaborasi bersama kami dan dapatkan semua keuntungannya

Selengkapnya Pesan Sekarang