Blog.

“the true sign of intelligence is not knowledge but imagination”

Albert Einstein

Ketika kamu memulai sebuah bisnis online dengan membuat website, ternyata tidak sekedar membuat dan menjalankan website. Dalam berbisnis online, kamu harus memahami beberapa indikator kesuksesan bisnis online mu. Salah satu cara untuk mengukur seberapa berhasilkah bisnis online yang sedang kamu bangun adalah dengan menghitung seberapa besarkah conversion rate yang kamu miliki.

Conversion rate adalah situasi di mana pengunjung website melakukan tindakan yang menguntungkan bisnis. Tindakan tersebut bisa bermacam-macam, dari menjadi subscriber, mendaftar sebagai anggota, mengunduh ebook, sampai membeli produk. Conversion rate menjadi penting karena untuk mengukur seberapa berhasil kampanye marketing online yang kamu lakukan. Hanya sekedar mempromosikan di media sosial belum cukup untuk menjadi parameter tingkat keberhasilan.

Untuk mencapai target conversion rate yang sudah kamu tetapkan, tentu ada banyak langkah yang harus kamu lakukan. Langkah-langkah untuk meningkatkan conversion rate disebut sebagai Conversion Rate Optimization (CRO).

1. Buat CTA Berbentuk Teks di Blog

Kamu bisa membuat Call-To-Action (CTA) dalam berbagai bentuk, teks, gambar, atau tombol. CTA berbentuk teks di artikel blog memang terlihat sederhana, tetapi menghasilkan conversion rate yang cukup tinggi.

Menurut uji coba HubSpot, 93 persen leads-nya berasal dari CTA dalam bentuk teks. Sedangkan CTA dalam bentuk banner di akhir artikel blog hanya menyumbang 6 persen leads. Meskipun terlihat sederhana, CTA dalam bentuk teks ternyata sudah terbukti efektivitasnya.

Kamu juga bisa dengan mudah membuat CTA dalam artikel blog. Masukkan CTA mengikuti alur artikel yang kamu tulis.

2. Memanfaatkan Pop up 

Taktik lainnya yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan conversion rate adalah menggunakan pop up. Kamu bisa mengatur untuk menampilkan pop up di halaman website toko online yang potensial menghasilkan tingkat conversion tinggi.

Gunakan plugin seperti OptinMonster untuk membuat pop up yang menarik. Kamu bisa memilih berbagai jenis pop up untuk halaman website toko online yang berbeda. Sebaiknya lakukan uji coba menggunakan dua jenis pop up di satu halaman untuk melihat pop up mana yang lebih menghasilkan conversion.

3. Lakukan Uji Coba Landing Page

Landing page merupakan salah satu elemen krusial yang menentukan tinggi tidaknya conversion rate yang akan kamu dapatkan.

Landing page adalah halaman website yang sengaja didesain untuk meningkatkan conversion rate bagi bisnis. Link di landing page lebih sedikit dibanding homepage yang didesain agar pengunjung membuat keputusan pembelian, sign up, atau subscribe newsletter.

Dalam membuat landing page, kamu perlu membuat dua versi dan menguji keduanya. Kemudian lihat versi mana yang lebih menghasilkan conversion.

4. Permudah Pengunjung untuk Menghubungi Customer Service

Meskipun semua informasi, dari harga, spesifikasi, sampai syarat dan ketentuan sudah ada di halaman website, terkadang pengunjung website toko online masih perlu bertanya kepada customer service sebelum melakukan pembelian.

Mereka ingin diyakinkan bahwa keputusan pembelian yang mereka lakukan adalah keputusan terbaik. Di sini lah customer service atau tim sales bekerja. Kamu harus memudahkan pengunjung website untuk menghubungi customer service kamu.

Kamu bisa menerapkannya dengan menampilkan ikon chat bantuan di semua halaman website toko online.

5. Promosi Melalui Chat Bantuan

Ketika sedang menjalankan promosi di website toko online, kamu juga bisa menawarkan promosi tersebut melalui chat bantuan. Bisa jadi pengunjung website tidak menyadari kalau website kamu sedang menjalankan promosi yang menggiurkan. Manfaatkan chat bantuan untuk menyadarkan dan mengingatkan mereka agar tidak ketinggalan promosi menarik di website kamu.

6. Optimasi Artikel Blog Potensial

Jika kamu sudah menerapkan strategi content marketing di blog lebih dari satu tahun, kemungkinan besar ada beberapa artikel yang lebih berpotensi menghasilkan conversion dibanding artikel blog lainnya.

Kamu tidak perlu menampilkan pop up di semua artikel blog, cukup di artikel-artikel yang berpotensi menghasilkan conversion. Bagaimana menentukan artikel yang akan digunakan untuk meningkatkan conversion rate?

Lakukan pemilahan artikel. Identifikasi artikel yang mendatangkan trafik tinggi, tapi performa conversion rate-nya belum memuaskan. Bisa jadi artikel-artikel yang kamu tulis setahun lalu mendatangkan trafik tinggi, tapi belum menghasilkan conversion. Kamu bisa mengecek performa per artikel blog kamu melalui Google Analytics.

Selain mengoptimasi artikel blog yang mendatangkan trafik tinggi, tapi belum menghasilkan conversion, kamu juga perlu mengoptimasi artikel-artikel yang sudah menghasilkan conversion tinggi. Pastikan untuk update konten di artikel-artikel yang sudah menghasilkan conversion tinggi agar selalu relevan untuk pengunjung.

7. Lakukan Remarketing

Sebesar apa pun usaha yang kamu kerahkan untuk meningkatkan conversion rate, realitanya adalah lebih banyak pengunjung yang meninggalkan website tanpa melakukan tindakan apa pun yang kamu inginkan.

Apalagi mengingat rata-rata ideal conversion rate hanya berkisar di angka 2 persen. Artinya dari 100 pengunjung yang datang, kemungkinan hanya dua orang yang melakukan conversion.

Selain enam langkah optimasi di atas, masih ada satu cara lagi yang layak dicoba untuk meningkatkan conversion rate. Cara tersebut adalah remarketing. Remarketing memungkinkan kamu untuk menampilkan iklan langsung kepada orang-orang yang telah mengunjungi website.

Tujuan utama dari remarketing adalah untuk mempertahankan buying intent atau keinginan membeli dari para calon pelanggan potensial maupun yang sudah menjadi pelanggan.

Conversion rate menjadi salah satu parameter terpenting dalam menentukan keberhasilan kampanye marketing online. Oleh karena itu, pemilik bisnis online harus mampu mendorong orang-orang yang mengunjungi website toko online nya untuk melakukan conversion. Tapi bagaimana jika kamu tidak memiliki waktu untuk mengurus hal ini? Tenang, astahub.id akan mengerjakannya untuk kamu dengan sebaik mungkin, selain dapat membuat website yang murah dan praktis di Jogja, kami juga dapat membantu kamu mengoptialisasi website kamu dengan  Search Engine Optimizer yang pastinya akan membuat website online shop kamu makin mudah dicari dan dapat meningkatkan penjualan dan profit kamu, tunggu apa lagi, segera hubungi astaub.id untuk solusi terbaik.

×

Selamat Datang !!

Silahkan klik dibawah untuk chat melalui Whatsapp atau ajukan pertanyaan melalui Email di talktous@astahub.com

× Hallo, bisa Astahub bantu ?