28 March 2019 damar mukti No Comments

Meraup Sukses Dengan Website Online Shop

Kamu bingung kabutuhan makin banyak? Sedangkan pemasukan segitu-segitu saja? Kalau tambah kerja lagi takut menyita waktu yang lain. Oke.. santai saja! Ada solusi untuk mendatangkan uang tanpa harus menyita banyak waktu. Membuat web toko online terutama dikota besar seperti Jogja bisa membantu Kamu untuk memberikan pemasukan yang lebih. Istilah web toko online sudah tidak asing lagi di beberapa kalangan. Web toko online biasa disebut online store atau online shop. Kamu bisa memulai bisnis di web toko online dengan membuatnya terlebih dahulu. Beginilah panduan untuk membuat web toko online :

 

1. Pesan Hosting dan Domain

Lakukan pemesanan hosting dan domain untuk toko online Kamu. Domain adalah sebuah nama atau alamat yang dipakai untuk mengunjungi suatu website. Misalnya google.com. Sedangkan pengertian hosting adalah tempat dimana website dan domain tersbut tinggal. Cara kerja domain dan hosting memang meniru perumpamaan di atas. Dimana setiap domain akan menjadi sebuah alamat dari sebuah website dan website tinggal di dalam web hosting.Jika Kamu belum memiliki hosting dan domain, silakan lakukan pemesanan terlebih dahulu. Apabila Kamu sudah memiliki hosting dan domain, silakan lanjut ke langkah berikutnya.

 

2. Instalasi Website

Kamu perlu melakukan instalasi wordpress beserta plugin dan template. WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia.

a. Instal WordPress

Supaya website Kamu dapat diakses melalui internet, Kamu harus melakukan instalasi WordPress. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Silakan login ke cPanel hosting Kamu, dengan menggunakan username dan password yang dikirimkan ke email Kamu setelah Kamu melakukan pembayaran dan hosting Kamu aktif. Untuk URL login cPanel berupa com/cpanel. Setelah berhasil login ke cPanel silakan klik menu WordPress.
  2. Selanjutnya tekan tombol install now
  3. Pada bagian Software Setupsilakan pilih nama domain Kamu pada kolom Choose Domain, untuk kolom In Directory silakan untuk dikosongkan.
  4. Isilah nama toko online Kamu beserta deskripsinya.
  5. Silakan tentukan username dan password yang akan Kamu gunakan untuk login ke dashboard WordPress.
  6. Terakhir silakan klik tombol Install.

b. Instal plugin WooCommerce

Selanjutnya supaya website Kamu memiliki fitur yang lengkap untuk website toko online, silakan lakukan instalasi plugin WooCommerce. Woocommerce adalah Plugin wordpress yang bisa mengubah wordpress menjadi sebuah toko online. Woocommerce banyak digunakan. Selain plugin ini gratis, plugin ini juga banyak dukungan dari mulai pengembahng themes, hingga plugin lainnya yang bisa terintegrasi langsung dengan Woocommerce.

c. Ganti Template WordPress

Setelah instalasi WooCommerce sudah dilakukan, untuk membuat toko online selanjutnya adalah menginstal tema khusus toko online. Ada banyak template toko online gratis yang bisa Kamu gunakan.

 

3. Lakukan Pengaturan Website

Meskipun sebelumnya ketika melakukan instalasi WordPress Kamu sudah menentukan nama dan deskripsi mengenai website Kamu, terkadang untuk nama dan deskripsi toko belum sempurna.

Untuk mengubahnya, silakan Kamu pilih menu Settings > General, pada bagian Site Title lalu silakan masukkan nama toko online Kamu, dan pada bagian Tagline silakan masukkan dekripsi singkat mengenai toko online Kamu seperti pada contoh di bawah ini. Terakhir silakan tekan tombol Save Settings.

 

4. Setting Toko Online

Agar Kamu dapat menambahkan produk pada toko online, silakan lakukan pengaturan pada WooCommerce kemudian setelah itu tambahkan produk-produk yang akan Kamu jual sesuai dengan cara-cara berikut.

a. Lakukan Pengaturan WooCommerce

b. Tambahkan Produk

Setelah Kamu berhasil melakukan pengaturan pada plugin WooCommerce, untuk membuat toko online dapat menampilkan produk yang Kamu jual, silakan tambahkan produk

c.  Tambah Gambar Kategori

Supaya setiap kategori produk yang Kamu tampilkan memiliki gambar, Kamu perlu menambahkan gambar

d. Lakukan Pengaturan Halaman Utama

Halaman utama adalah bagian yang pertama kali dilihat oleh pengunjung ketika domain Kamu diakses. Oleh karena itu Kamu harus membuat toko online lebih menarik dengan melakukan pengaturan pada halaman tersebut.

 

5. Kembangkan Toko Online

Pada langkah ini Kamu sudah berhasil toko online dan menampilkan produk yang Kamu tawarkan. Tetapi ini belum cukup, Kamu perlu menambahkan beberapa bagian penting untuk website toko online. Seperti memberikan halaman kontak atau halaman cara melakukan pemesanan. Hal ini akan memberikan informasi lebih kepada pelanggan.

Supaya produk Kamu dapat dengan mudah masuk daftar index mesin pencari, silakan untuk melakukan verifikasi website ke Google Webmaster dan Bing Webmaster.

Web toko online Kamu sudah jadi. Kamu dapat menggunakannya untuk berbisnis. Dengan menggunakana web toko online, pemasukan uang Kamu dapat bertambah tanpa menyita banyak waktu. Selain itu, mengoperasikan web toko online juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa batasan waktu. Tapi tentu saja jaringan internet harus Kamu perhatikan untuk mengoperasikannya. Bagaimana? Asik kan?

Jika kamu bingung mempelajari cara membuat website dan mencari jasa pembuatan website online shop di jogja, tidak ada salahnya menghubungi astahub sebagai partner startup kamu. Disamping telah berpengalaman dan menguasai dengan baik pembuatan website yang sesuai dengan kebutuhan kamu, kamu juga bisa mendapatkan jasa membuat website yang murah dengan menggunakan jasa dari astahub. Segera hubungi kami untuk mendapatkan solusi terbaik bagi website toko online kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan harga spesial dari kami khusus pemesanan pada bulan ini, mari berkolaborasi bersama kami dan dapatkan semua keuntungannya

Selengkapnya Pesan Sekarang