28 March 2019 damar mukti No Comments

Mengenal Breadcrumbs dalam Website Development

Hai sahabat astahub, pernah mendengar istilah webiste development? Kalimat ini sangat familiar dikalagan orang IT, meskipun begitu ada banyak orang dengan latar belakang bukan dari IT juga mengetahui istilah ini. Kali ini kami akan menjelaskan salah satu unsur dalam baidang pengembangan  website, yaitu breadcrumbs, terjemahan harfiahnya remah roti, namun bukan remah roti dalam arti sebenarnya yang akan kita bahas. Penasaran? Simak penjelasannya berikut.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Dengan adanya perkembangan yang secara tidak langsung telah memberikan dampak luar biasa pada beberapa segmen kehidupan, maka hal ini menjadi sorotan bagi pemerintah, terutama untuk memotong jalur birokrasi yang tidak efektif. Sebagai contoh, E-Government merupakan salah satu upaya untuk mengenbangkan kepemerintahan berbasis elektronik. Salah satu fungsi E-gov menjadi alat penerbitan. Mirip seperti koran, majalah, buku dan lain-lain.

E-gov menjadi  situs web yang menggambarkan program pemerintah. E-gov dirancang untuk mendukung kegiatan badan pemerintah untuk bertukar informasi dengan pihak lain (khususnya publik) melalui internet. Jika kamu merupakan pembuat website e-gov, sebaiknya jangan sepelekan breadcrumbs. E-gov yang menjadi alat penerbitan sebagai media informasi dari program pemerintah untuk masyarakat, sebaiknya buatlah halaman website menjadi lebih spesifik untuk memudahkan masyarakat dalam mengetahui informasi kepemerintahan melalui web yang tersedia.

Breadcrumbs mungkin masih asing ditelinga, tetapi bukanlah hal untuk disepelekan. Breadcrumbs bisa berfungsi sebagai navigasi kedua setelah menu utama. Fungsi ini memudahkan pengunjung web untuk menjelajah website. Sehingga, masyarakat yang membuka situs web e-gov akan lebih mudah dalam menjelajah isi web tanpa harus mengulangi navigasi dari awal untuk menemukan sebuah halaman website. Ia hanya perlu mengklik breadcrumbs untuk kembali ke halaman yang sebelumnya diakses.

Bagaimana caranya menambah breadcrumbs di website?

 

1. Menginstall Tema yang Kompatibel

Jika kamu tidak suka ribet atau suka yang praktis, menginstall tema yang sudah kompatibel adalah solusi tepat.

Biasanya tema WordPress untuk ecommerce sudah otomatis menggunakan breadcrumbs. Ini karena website ecommerce cenderung memiliki items yang banyak dan menu navigasi yang dalam. Berikut adalah rekomendasi tema WordPress khusus untuk ecommerce:

  • Flat Some ⎼ Tema WooCommerce dengan banyak pilihan demo. Ada pengaturan bawaan dari tema. Terintegrasi dengan Yoast.
  • Shopkeeper ⎼ Tema WooCommerce dengan desain yang elegan dan modern. Pengaturan bisa dilakukan dengan mudah.

Namun, jika kamu kurang tertarik dengan ecommerce, ada dua rekomendasi tema premium yang kompatibel.

  • Knowledge Base ⎼ Tema WordPress khusus didesain untuk membuat pusat informasi.
  • Smart Mag ⎼ Tema WordPress berbasis majalah. Cocok untuk blog, portal informasi, dan konten berbasis teks lainnya.

 

2. Menggunakan Plugin NavXT

Cara membuat breadcrumbs yang mudah dan gratis adalah dengan menginstall plugin. Salah satu plugin yang kami rekomendasikan adalah plugin NavXT.

Sebelum lebih lanjut mengeksplor pengaturan dan fitur plugin ini, kamu perlu membackup website atau menambahkan kode di bawah ke dalam file header.php pada child theme.

 

<div class=”breadcrumbs” typeof=”BreadcrumbList” vocab=”https://schema.org/”>
<?php
if(function_exists(‘bcn_display’))
{
bcn_display();
}?>
</div>

 

Kode tersebut berguna untuk menampilkan breadcrumbs di seluruh bagian header website. Akan tetapi, jika dirasa terlalu teknis, Anda bisa menambahkannya melalui Appearance > Widgets lalu tarik widget Breadcrumb NavXT ke letak yang diinginkan.

Di sisi lain, kamu juga bisa mengatur bagaimana breadcrumb trail ditampilkan. Akses fitur ini melalui Settings > Breadcrumb NavXT

Melalui bagian ini kamu bisa mengkustomisasi breadcrumbs sesuai dengan tipe konten, mengubah taksonomi, dan sebagainya.

 

3. Memaksimalkan Fitur Yoast SEO

Alternatif lain untuk membuat breadcrumbs adalah dengan memaksimalkan fitur dari plugin Yoast SEO.

Yoast SEO adalah satu plugin yang mampu menangani segala hal soal SEO. Tidak hanya soal technical SEO dalam website, plugin satu ini membantu penulis membuat konten berkualitas tinggi.

Di samping itu, Yoast SEO memiliki fitur untuk mengoptimalkan snippet dan meta description. Kedua elemen tersebut akan menambah tampilan konten di mesin pencarian supaya lebih menarik. Hasilnya, ada kemungkinan besar konten kamu akan di klik oleh pengguna.

Nah, untuk menambahkan breadcrumbs pada website, kamu perlu lebih dulu meletakkan kode di bawah ke single.php, page.php, atau header.php.

 

<?php
if ( function_exists(‘yoast_breadcrumb’) ) {
yoast_breadcrumb( ‘<p id=”breadcrumbs”>’,'</p>’ );
}
?>

 

Setelah itu, kamu bisa mengaktifkan breadcrumb melalui SEO > Search Appearance. Setelah itu pilih tab Breadcrumbs dan klik Enabled pada Breadcrumbs settings.

Kamu bisa mengubah pengaturan yang lain di tab ini. Seperti pengaturan untuk memperlihatkan blog post ataupun bold breadcrumbs trail di halaman yang sedang di buka.

Ketika kamu mengaktifkan fitur ini, kamu bisa mengakses pengaturan yang lebih spesifik di halaman atau post tertentu. Contohnya seperti di bawah ini.

Ketika judul halaman atau post terlalu panjang, kamu bisa membuat judul khusus agar breadcrumbs terlihat lebih rapi. Caranya, cukup klik bagian Advanced dan tulis judul alternatif di bagian Breadcrumbs Title.

Meskipun terlihat kecil di website, breadcrumbs adalah elemen website yang tak bisa kamu abaikan. Elemen yang satu ini tak hanya memudahkan pengunjung menjelajah website, tetapi juga berpengaruh ke SEO. Breadcrumbs membantu Google mengindeks halaman website dengan tepat. Keberadaannya akan mengurangi bounce rate pada website. Dengan adanya breadcrumbs di situs web e-gov tentu saja akan memudahkan masyarakat yang berkunjung. Sehingga informasi kepemerintahan akan tersampaikan dengan baik di masyarakat melalui media elektronik online.

Jika kamu adalah masyarakat yang peduli terhadap layanan pemeriintah, sudah seharusnya kita bersama mengembangkan e-gov yang dapat menjadi solusi bagi lamanya proses birokrasi yang sangat menguras tenaga, waktu, dan sumber daya. Astahub, dapat menjadi pengembang layanan e-government yang tepat. Selain pengalaman kami dalam bidang ini, kami memiliki teknologi yang dapat diterpakan dan efektif untuk mengatur jalannya e-government dengan baik, jadi tunggu apa lagi? Hubungi kami segera.

Tags : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan harga spesial dari kami khusus pemesanan pada bulan ini, mari berkolaborasi bersama kami dan dapatkan semua keuntungannya

Selengkapnya Pesan Sekarang