Blog.

“the true sign of intelligence is not knowledge but imagination”

Albert Einstein

Perusahaan-perusahaan startup kian membanjiri media online. Bisnis startup adalah suatu bisnis yang baru berkembang. Namun, bisnis startup ini lebih identik bisnis yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Bisnis startup berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000. Setiap tahun banyak founder-founder (pemilik) Startup baru bermunculan di indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya menjadi lahan yang cocok untuk mendirikan sebuah startup. Peluang usaha di dunia internet akan memberikan dampak yang besar bagi perusahaan startup. Dalam mengembangkan usahanya, perusahaan tentu saja akan mencari partner yang sesuai agar perusahaannya dapat tumbuh dengan baik. Dalam pembuatan web untuk perusahaan-perusahaan start-up tentu saja harus ada daya tarik sehingga akan terlihat lebih profesional dan meyakinkan. Salah satu daya tarik yang perlu di perhatikan dalam web adalah format gambar web. Mengapa??

 

Alasan Perlunya Format Gambar yang Tepat

Pemilihan gambar untuk website lebih sering didasari oleh alasan estetika dan strategi marketing. Sebanyak 60% pengguna internet juga mengaku cenderung mengklik hasil pencarian yang memiliki gambar. Inilah alasannya mengapa konten visual 32% lebih dipilih sebagai medium marketing dibandingkan dengan blog (27%), video (24%), live video (9%), ataupun podcast (1%).

Tapi, kamu juga perlu tahu bahwa format gambar ikut mempengaruhi performa website. Terutama dalam hal waktu loading atau yang lebih familiar disebut page load speed.

Format, pixel, dan resolusi gambar menentukan besarnya ukuran gambar. Semakin rapat pixel sebuah gambar dan besar resolusinya, maka semakin besar ukuran gambar. Tentu saja gambar yang besar akan lebih lama untuk dimuat. Sehingga mengapa gambar yang demikian bisa mempengaruhi kecepatan loading sebuah website.

Di tahun 2010, Google secara resmi mengumumkan satu faktor yang dipertimbangkan dalam algoritma ranking yaitu kecepatan. Hal ini karena Google menyadari bahwa website yang cepat dan responsif disukai oleh pengguna. Praktis, waktu loading yang lambat berdampak ke SEO atau ranking di mesin pencarian.

Tanpa website yang cepat, besar kemungkinan pula untuk pengunjung meninggalkan website. Hal ini tentunya merugikan pemilik website, baik dari sisi bounce rate maupun conversion.

Semakin lama waktu yang dibutuhkan website untuk termuat sempurna, semakin besar bounce rate website tersebut. Dalam sebuah percobaan, website dengan waktu load dua detik memiliki rerata bounce rate sebesar 9%. Angka ini melonjak tajam pada website dengan waktu load lima detik, yaitu 38%.

Dari sisi conversion, sebanyak 79% pelanggan online shopping merasa kapok dengan website ecommerce yang lamban atau bermasalah.

Statistik di atas tentunya sudah cukup menjelaskan bagaimana pentingnya gambar yang tepat di sebuah website.

 

Jenis-jenis Format Gambar Web

1. Vektor

Vektor adalah jenis grafis yang dibuat dari sambungan garis atau kurva. Sambungan ini kemudian membentuk berbagai bentuk seperti poligon atau bangun segi-n.

2. Raster

Raster adalah grafik yang dibuat dari kumpulan kotak membentuk pixel. Berbeda dengan vektor, raster cukup konsisten dilihat dari berbagai mesin pencarian. Itu mengapa Anda pasti familiar dengan turunan dari format gambar ini.

3. GIF

Graphic Interchange Format atau GIF (baca: JIF) adalah format gambar yang cukup populer. Format ini terdiri dari 8-bit per pixel atau terbatas pada 256 warna dalam satu gambar. Dengan warna yang terbatas, format ini kurang cocok untuk menampilkan visual yang detail. Sebagai gantinya, format ini sering dipakai memunculkan animasi singkat di website.

4. JPEG / JPG

JPEG atau Joint Photographic Experts Group adalah format yang paling umum dipakai. Gambar berformat JPEG dipakai oleh 72,5% website di seluruh dunia. Format gambar ini mampu menampilkan berbagai warna dan gradient. Bisa dikatakan format ini mampu menampilkan ilustrasi visual dengan cukup detail.

5. PNG

PNG atau Portable Network Graphics adalah yang memiliki lossless compression. Artinya, meski gambar dikompresi, kualitasnya tetap mendekati gambar sebelum dikompresi. Karenanya format ini cocok dimanfaatkan untuk menampilkan gambar yang detail seperti logo, tipografi, screenshot tulisan, dan sebagainya.

 

Gambar bukanlah elemen remeh dalam website. Gambar yang kurang tepat bisa memperlambat waktu loading website. Akibatnya, kamu bisa kehilangan ranking di mesin pencarian, kehilangan pengunjung dalam sekejap, bahkan kehilangan transaksi dari calon pelanggan. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi calon partner kamu untuk memutuskan menjalin kerjasama atau tidak dengan perusahaan startup kamu yang dilihat dari kualitas website.

Untuk itu kamu perlu menggunakan format gambar yang tepat di website. Seperti dibawah ini:

  • GIFs cocok untuk menambahkan animasi singkat, cara menarik untuk mengambil perhatian pembaca web.
  • JPEG / JPG pas untuk ilustrasi yang kaya warna.
  • PNG pilihan yang tepat untuk menampilkan logo, screenshot yang detail dan tipografi.

Selain memperhatikan format gambar, kamu juga perlu mengoptimasi gambar untuk hasil yang lebih maksimal. Pada prinsipnya, ada dua cara untuk optimasi gambar dengan mengubah resolusi dan mengkompresi gambar. Kamu bisa melakukan keduanya dengan berbagai cara yang diulas di atas.

Kini, tak ada lagi alasan untuk mempunyai website yang lamban dan ketinggalan di sisi SEO. Ingat, gambar adalah kuncinya. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, tentu saja perusahaan startup akan tumbuh dengan baik. Tapi bagaimana jika kamu tidak memiliki waktu untuk mengurus hal ini? Tenang, astahub.id akan mengerjakannya untuk kamu dengan sebaik mungkin, selain dapat membuat website yang murah dan praktis di Jogja, kami juga dapat membantu kamu mengoptialisasi website kamu dengan  Search Engine Optimizer yang pastinya akan membuat website online shop kamu makin mudah dicari dan dapat meningkatkan penjualan dan profit kamu, tunggu apa lagi, segera hubungi astaub.id untuk solusi terbaik.

×

Selamat Datang !!

Silahkan klik dibawah untuk chat melalui Whatsapp atau ajukan pertanyaan melalui Email di talktous@astahub.com

× Hallo, bisa Astahub bantu ?